M A K A L A H
PERKEMBANGAN CABANG OLAHRAGA
BOLA VOLI
DI KABUPATEN PACITAN





Disusun Oleh :
URIP ROKHMANUDIN, A.Ma




PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI TREMAS
ARJOSARI - PACITAN 
2015


KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT penulis panjatkan karena atas Nya penulis dapat diberi kesempatan untuk terus menuntut ilmu hingga saat ini. Atas limpahan rahmat Nya jugalah penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah ini sebagai salah satu syarat dalam memenuhi tugas dalam proses perkuliahan jurusan Strata 1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Ponpes Tremas Pacitan pada tahun akademik 2015-2016.
Dalam kesempatan ini penulis sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini.
Penulis berharap makalah ini bisa menjadi referensi pengetahuan khususnya dalam bidang cabang olahraga bola voli dan perkembangannya di Kabupaten Pacitan.
Adapun segala kesalahan dan kekurangan yang ditemukan dalam penulisan ini penulis menghaturkan permintaan maaf sedalam-dalamnya serta mengharapkan kritik dan saran agar lebih baiknya lagi.




Pacitan,    Oktober 2015


Penulis




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pacitan sebuah Kabupaten kecil yang berada ujung barat Provinsi Jawa Timur. Kabupaten yang terkenal akan keindahan alam dan destinasi wisatanya, sehingga kabupaten ini juga dikenal dengan sebutan Paradise of Java, beberapa ada juga yang menyebutkan kota 1001 goa, sebuah sebutan yang tidak dimiliki oleh kota atau kabupaten lainnya. Rasanya sebutan itu tidak berlebihan untuk Pacitan melihat kenyataan yang ada memang Pacitan selalu memiliki daya tarik bagi wisatawan.
Olahraga di Pacitan dapat dikatakan cukup berkembang, perhatian pemerintah daerah terhadap olahraga di Pacitan juga cukup bagus. Hal ini terbukti dengan diresmikannya kompleks olahraga berstandar nasional di Kabupaten Pacitan. Dimana didalamnya terdapat Stadion Megah, Gelanggang Olahraga Pacitan, Hall Tennis, Lapangan Bola Volly, Hall Basket, Arena Panjat Tebing, Wisma Atlet dan lain sebagainya.
Dalam kesempatan ini penulis memfokuskan pembahasan tentang perkembangan Bola Voli di kabupaten Pacitan.
Pendidikan dasar bola voli merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritualsosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.
Melihat dari perkembangan Bola voli di dunia yang kian merebak selayak dan seyogya nya pula kita sebagai generasi bangsa harus mengetahui beberapa olah raga yang sekarang menjadi salah satu tumpuan Indonesia yaitu diantara sekian banyak olahraga yang diminati di Indonesia dan Bola voli bahkan sudah mendemam ke seluruh plosok dan tidak ketinggalan di pedesaan.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Sejarah Perkembangan Bola Voli di Indonesia
Indonesia mengenal permainan bola voli sejak tahun 1982 pada zaman penjajahan Belanda. Guru-guru pendidikan jasmani didatangkan dari Negeri Belanda untuk mengembangkan olahraga umumnya dan bola voli khususnya. Di samping guru-guru pendidikan jasmani, tentara Belanda banyak andilnya dalam pengembangan permainan bola voli di Indonesia, terutama dengan bermain di asrama-asrama, dilapangan terbuka dan mengadakan pertandingan antar kompeni-kompeni Belanda sendiri.
Permainan bola voli di Indonesia sangat pesat di seluruh lapisan mayarakat, sehingga timbul klub-klub di kota besar di seluruh Indonesia. Dengan dasar itulah maka pada tanggal 22 januari 1955 PBVSI (persatuan bola voli seluruh indonesia) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional yang pertama.
PBVSI sejak itu aktif mengembangkan kegiatan-kegiatan baik ke dalam maupun ke luar negeri sampai sekarang. Perkembangan permainan bola voli sangat menonjol saat menjelang Asian Games IV 1962 dan Ganefo I 1963 di Jakarta, baik untuk pria maupun untuk wanitanya. Pertandingan bola voli masuk acara resmi dalam PON II 1951 di Jakarta dan POM I di Yogyakarta tahun 1951. setelah tahun 1962 perkembangan bola voli seperti jamur tumbuh di musim hujan banyaknya klub-klub bola voli di seluruh pelosok tanah air.Hal ini terbukti pula dengan data-data peserta pertandingan dalam kejuaran nasional. PON dan pesta-pesta olahraga lain, di mana angka menunjukkan peningkatan jumlahnya. Boleh dikatakan sampai saat ini permainan bola voli di Indonesia menduduki tempat ketiga setelah sepak bola dan bulu tangkis.


B.     Perkembangan Bola Voli di Pacitan
Bola Voli adalah permainan olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat Pacitan. Hampir setiap sore lapangan yang ada di Pacitan mulai dari kota hingga desa dipenuhi masyarakat untuk berolahraga voli.
Demikian pun dengan prestasi Bola Voli di Pacitan yang sangat membanggakan. Sudah tidak terhitung prestasi Pacitan di kancah turnamen bola voli regional Jawa Timur.
Perkembangan Bola Voli di Pacitan lebih unggul dibandingkan dengan cabang olahraga lainnya. Hal ini melihat prestasi yang dimiliki oleh tim-tim bola voli di Pacitan, mulai dari tingkat junior hingga senior.
Turnamen bola voli di Pacitan juga lebih sering digelar dibandingkan cabang olahraga lainnya. Hal ini menjadi salah satu pemicu keberhasilan pembinaan bola voli di Pacitan. Antusias masyarakat pun luar biasa besar ketika hajatan bola voli digelar di Pacitan, baik yang berskala lokal, regional maupun nasional.
Perkembangan bola voli di Pacitan juga tidak lepas dari peran mantan bupati Pacitan Kolonel H. Muchtar Abdulkadir yang memipin Pacitan dari tahun 1985 – 1990. Selama 5 tahun memimpin Pacitan cukup banyak prestasi pembangunan yang ditinggalkannya. Prestasi tersebut diantaranya kategori fisik, yaitu pembangunan Gasibu Swadaya. Gedung yang terletak di Jl. A. Yani atau tepatnya di sebelah selatan Alun-Alun Pacitan menjadi saksi bisu sejarah perkembangan bola voli di Pacitan.
Berbagai pertandingan bola voli yang mendatangkan pemain-pemain profesional dari pro liga sudah pernah digelar disini, hingga saat ini ketika Pacitan sudah memiliki Gelanggang Olahraga baru yang megah Gedung Gasibu Swadaya masih tetap digunakan untuk berlatih maupun turnamen-turnamen kecil di Pacitan.
Untuk urusan sarana dan prasarana penunjang di Pacitan tidak bisa dipandang sebelah mata. Masyarakat Pacitan, kini memiliki gelanggang olahraga (GOR) dan stadion sepakbola berstandar nasional yang telah diresmikan oleh Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dikala masih menjabat.
GOR Pacitan ini berfungsi untuk menunjang kegiatan olahraga dalam ruang atau indoor. Sebelumnya Pacitan telah memiliki GOR Gasibu, namun sudah tidak memenuhi standar. Jika ada pertandingan voli yang merupakan olahraga favorit masyarakat Pacitan, bisa dipastikan penonton membludak hingga ke pinggir lapangan. Oleh karena itulah Pemerintah Kabupaten Pacitan mendirikan GOR baru yang memenuhi standar nasional.
Sedangkan Stadion Pacitan adalah salah satu sarana olahraga yang terdapat di kawasan kompleks olahraga Kabupaten Pacitan. Terletak di jalan WR Soepratman, stadion ini pertama kali dibangun tahun 2004 dan sempat mengalami beberapa hambatan sehingga pembangunannya pun sempat terhenti.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Cbang olahraga bola voli adalah sebuah olahraga yang merakyat dan menghibur. Selain sebagai sarana untuk berolahraga bola voli juga merupakan sebuah hiburan yang sangat digemari, khususnya oleh warga di Kabupaten Pacitan. Hal ini terbukti dengan selalu ramainya setiap event hajatan bola voli yang digelar di Pacitan.
Hal ini berjalan beriringan dengan prestasi bola voli Pacitan yang tergolong bagus dan seringkali mencicipi gelar juara baik regional maupun nasional.
Akan tetapi perkembangan bola voli Pacitan tidak akan bisa maksimal jika tidak didukung pemagang kebijakan terkait untuk lebih meningkatkan lagi prestasi bola voli di Pacitan.


LAMPIRAN KEGIATAN TURNAMEN BOLA VOLLI DI PACITAN




  
ks



 Untitled


 Untitled